Senin, 10 Desember 2018

Penghargaan APWI 2018 - Destinasi Digitial Wisatawan Milenial

Hai Generasi Milenial!

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya telah memberikan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2018 kepada para pewarta pariwisata dari media cetak (surat kabar dan majalah), media elektronik televisi, dan media online, serta blogger di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat malam (07/12) lalu. Tidak tangung-tangung, total hadiah yang diberikan mencapai Rp. 300 juta termasuk hadiah untuk kategori utama atau best of the best sebesar Rp. 100 juta. Jumlah peserta APWI 2018 pun meningkat pesat dari 876 karya peserta pada tahun 2017 menjadi 3.279 karya peserta pada tahun ini. Hal tersebut tidak hanya karena besarnya jumlah hadiah yang ditawarkan, tetapi tema yang diberikan pun menarik dan sangat akrab bagi kalangan milenial yaitu Destinasi Digital.

Pemberian penghargaan APWI merupakan bentuk apresiasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kepada para pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka, khususnya seputar destinasi digital di Tanah Air, sesuai dengan tema lomba APWI tahun ini yaitu “Destinasi Digital”. “Destinasi digital menjadi salah satu program prioritas Kemepar dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia. Dari target  juta kunjungan wisman pada tahun depan (2019) diproyeksikan 50% adalah wisatawan milenial“, kata Menpar Arief Yahya.

Selain itu, “Media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional. Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan. Informasi yang disampaikan media menjadi promosi yang efektif serta dapat mendorong minat wisatawan, melakukan perjalanan, antara lain mengujungi destinasi digital di Tanah Air", tambah menpar Arief Yahya.


Menteri Pariwisata Arief Yahya

Dewan Juri APWI 2018 dari unsur pentahelix pariwisata terdiri atas Wahyu Indrasto selaku Pemimpin Redaksi Majalah Eksekutif, yang menjadi Ketua Dewan Juri mewakili unsur media; Elly Hutabarat, Ketua ASEANTA Indonesia (industri); Wahyu Aji, Ketua GNFI (Komunitas); dan H. Himawan Brahmantyo, Ketua Hidiktipari (Akademisi).

Berikut para pemenang APWI 2018:

Kategori media cetak: Majalah 
Juara I: Doddy Wiraseto (Batik Air Magazine) “Pemantik Pikat Wisata Nomadik”. 
Juara II:  Jeihan Kahfi Barlian (Majalah SWA) “Nomadic Tourism dan Digital Destination : Arena Baru Mengeksplorasi Tujuan Wisata yang Eksotis.
Juara III: Fachruddin Abdullah (Majalah Event Guide) “Wisata di Kulon Progo Tak Cuma Kalibiru”. Juara  Harapan I: Andri Syahreza (Majalah Mutiara Biru)“Going North”. Juara Harapan II: Donna Imelda (Majalah Asrinesia) “Eksotisme Labuan Bajo”.   

Kategori media cetak: Surat Kabar
Juara I: Arief Suharto (Koran Jakarta) “Keindahan Wonosobo Temanggung”. 
Juara II:  Eva Fitriani (Investor Daily) “Beraksi di Breksi”. 
Juara III: Mariyana Ricky P. (Solopos) “Pikat Sunset di Bukit Patrum”. 
Juara  Harapan I: Setiady Dwie (Suara)“ Museum Angkut Nan Yahud”. 
Juara Harapan II: Apriadi Gunawan (The Jakarta) “Lake Toba Pearl of North”.    

Kategori media online:
Juara I; Adinda Permatasari (Viva.co.id) “Pose Instagramable Ditemani Ikan Wara-wiri di Dasar Air Umbul Ponggok”. 
Juara II:  Erizky Bagus Zuhair (Akurat.com) “Memandang 10 Bali Baru dalam Bingkai Destinasi Digital”. 
Juara III: Fadhil (Sindobatam.com) “Gerbang Pariwisata di Seberang Singapura”. 
Juara  Harapan I: Erwin Gumilar (Venuemagz.com) “Sensasi Berwisata di Bekas Tambang Batu”. Juara Harapan II: Edi Sutrisno (Beritakepri.id) “Pasar Kaki Langit Jogja; Harmoni Apik Kearifan Lokal, Alam dan Jagad Digital”.

Kategori media blogger:
Juara I; Lina W. Sasmita “Mengunjungi Pasar Mangrove Batam Salah Satu Destinasi Digital Anak Milenial”. 
Juara II:  Elisabeth Murni  “Ranting-Ranting yang Berkisah di Hutan Pinus Pengger”. 
Juara III: Qurotul Ayun “Harmoni Pagi di Pasar Kaki Langit”. 
Juara  Harapan I: Teguh Sudarisman “Menjelajah 12 Destinasi Instagramable di Kaki Langit”. Juara Harapan II: Ardian Kusuma “Sehari Menjelajahi Enam Destinasi Digital Jogja”.

Kategori media televisi:
Juara I; Produksi: Journey : Metro TV;  Judul tayangan: “Journey to Lasem”;  Produser: Mutmainnah. 
Juara II:  Produksi: Tau Gak Sih : Trans 7;  Judul tayangan: “Jaga Mata Jaga Hati”;  Produser: Okki Saputra. 
Juara III; Produksi: Let's Go : MNC TV; Judul Tayangan: “Hati Kecantol Pesona Misool”; Produser: Jajang Dirajanaga; 
Juara Harapan I; Produksi: Jalan-jalan : Kompas TV; Judul Tayangan: “Pesona Bali Utara”; Produser: Tia Noviana. 
Juara Harapan II:  ; Produksi: Jejak Petualang Weekend : Trans 7; Judul Tayangan : “Jelajah Pulau Naga”; Produser: Rut Helga.

Kategori best of the best:
Produksi: Inside Indonesia: CNN Indonesia dengan judul tayangan "Menjelajah Destinasi Digital", produser: Nana Riskhi- M. Pramudita VK. 

Pemenang APWI 2018
Acara APWI 2018 berlangsung meriah dengan menampilkan beberapa seni tari dan musik khas nusantara yang menggambarkan keberagaman Indonesia. Untuk APWI 2019 mendatang akan digelar pada September 2019 dengan total hadiah Rp. 500 juta, termasuk kategori best of the best Rp. 100 juta dan hadiah minimal yang akan meningkat menjadi Rp. 10 juta dengan tema lomba "Millennial Tourism". So, siapkan karya terbaikmu dari sekarang dan sampai jumpa di Penghargaan APWI 2019! 

TauDariBlogger

Bersama Menpar Arief Yahya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar